Apa Itu Malware dan Cara Mengatasinya

Apa Itu Malware dan Cara Mengatasinya – Pada artikel ini saya akan membahas apa itu malware, khususnya yang terkait dengan situs web. Malware merupakan sesuatu yang harus diperhatikan bagi pengguna yang aktivitas hariannya tidak dapat dipisahkan dari komputer atau jaringan internet.

Terutama pada saat ini setiap pekerjaan yang membutuhkan banyak komputer dan jaringan internet yang dapat diakses oleh semua orang. Tentu saja hal ini sangat berbahaya jika semua data penting pada komputer terhubung ke internet. Hal pertama yang akan saya bahas adalah memahami apa itu malware dan bagaimana cara kerjanya.

Apakah Malware Itu?

Malware adalah perangkat lunak yang dibuat untuk tujuan masuk dan terkadang merusak Sistem Komputer, Jaringan, atau Server tanpa sepengetahuan pemiliknya. Istilah malware diambil dari kombinasi dari potongan dua kata yaitu berbahaya “berniat jahat” dan “perangkat lunak” perangkat lunak. Tujuannya adalah tentu saja untuk merusak atau mencuri data dari perangkat yang sedang dimasukkan.

Tidak hanya siapa pun yang dapat membuat perangkat lunak seperti ini. Biasanya mereka adalah orang yang sudah mengerti tentang bagaimana membuat perangkat lunak dan sistem keamanan dalam perangkat lunak. Meskipun demikian, saat ini ada banyak aplikasi yang dapat membuat malware.

Malware biasanya menyusup ke jaringan internet. Jika Anda secara manual memasukkan komputer korban, tentu saja sangat sulit. Jadi kebanyakan hacker melakukan tindakan menggunakan bantuan jaringan internet.

Perbedaan Antara Malware, Virus, dan Trojan

Sekarang Anda tahu apa itu malware, Anda sekarang akan tahu bagaimana Malware bekerja. Selain Malware, Virus dan Trojan juga akan dibahas pada review berikut. Malware berbeda dari Virus, dan Trojan, meskipun terkadang tujuannya sama, tetapi tiga istilah berbeda:

Apa Itu Trojan?

Trojan adalah perangkat lunak berbahaya yang dapat merusak sistem, perangkat, atau jaringan. Tujuannya adalah untuk mendapatkan informasi penting yang terkandung dalam log komputer. Informasi ini dapat berupa kata sandi, transaksi, dsb.

Penyebaran Trojan seringkali tidak dapat diprediksi karena terkadang disembunyikan dalam kode program. Kebanyakan pemilik tidak tahu bahwa program yang dijalankan adalah Trojan yang siap untuk menyebar yang biasanya dalam bentuk file executable.

Apa Itu Virus?

Virus adalah perangkat lunak yang menyebar di dalam sistem dan mengganggu penggunaannya. Virus tidak dimaksudkan untuk mencuri data atau menganalisis penggunaan data. Virus komputer dapat merusak atau menghapus data pada komputer, menggunakan program e-mail untuk menyebarkan virus ke komputer lain, atau bahkan menghapus apa pun pada hard disk.

Kebanyakan virus menyebar melalui lampiran email dan pesan. Jadi, Anda harus berhati-hati jika ada email atau pesan yang masuk ke kotak masuk menggunakan alamat yang mencurigakan atau melampirkan tautan yang tidak valid. Selain itu, virus juga dapat menyebar melalui download di internet dan menyebar pada sistem lokal. Virus dapat bersembunyi di perangkat lunak bajakan atau file lain yang Anda download.

Perangkat lunak yang dibuat untuk menyebarkan virus biasanya harus mendapatkan persetujuan dari pihak ketiga yang tidak lain adalah pemilik sistem. Perangkat lunak penyebaran virus dapat dideteksi bahkan sebelum dieksekusi karena terkadang nama file dan program yang muncul berbeda.

Apa Itu Malware?

Sedangkan apa itu malware? Malware dapat mencakup semua perangkat lunak yang digunakan untuk mencuri, memanipulasi, menghapus, atau bahkan memata-matai sistem. Malware adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan perangkat lunak berbahaya.

Malware dapat menyebar melalui beberapa metode. Sebagian besar melalui internet, e-mail, pesan pribadi atau halaman situs web. Tidak hanya perangkat komputer, banyak server situs web juga menjadi korban malware.

Bagaimana malware bekerja pada website dan komputer?

Pada situs web malware sering didistribusikan melalui plugin atau tema, sementara pada perangkat desktop malware tersebar melalui perangkat lunak atau kode program. Berikut ini adalah kemungkinan yang dapat digunakan untuk menyebarkan malware pada sistem atau situs web.

Situs Web Plugin

Saat ini banyak plugin yang ditawarkan di berbagai situs untuk memaksimalkan fungsi website. Tidak jarang plugin ini memiliki fitur yang sangat menarik dan cukup mudah untuk mengelola situs web.

Tapi berhati-hatilah saat menggunakan plugin, terutama menggunakan plugin bajakan. Bisa jadi bahwa plugin telah menyusup dengan kode program yang dapat merusak situs web yang Anda miliki. Jadi gunakan plugin terpercaya dan selalu Perbarui versi plugin Anda ke versi yang lebih baru.

Tema

Selain plugin, kebanyakan malware tersebar melalui tema bajakan. Menawarkan tema yang menarik tapi murah dan bahkan gratis membuat banyak orang tidak berhati-hati dalam memilih tema.

Gunakan tema berbayar atau premium, bukan tema yang diambil dari situs yang tidak dipercaya. Anda juga dapat menggunakan tema gratis yang disediakan oleh penyedia resmi. Meskipun tidak menjamin 100% aman, setidaknya Anda telah mengurangi risiko malware.

Perangkat Desktop

Ketika menggunakan perangkat desktop dan ingin menginstal perangkat lunak Anda harus berhati-hati dalam mengeksekusi kode program. Bisa jadi aplikasi yang Anda unduh adalah aplikasi yang telah menyusup oleh malware di dalamnya. Ketika dieksekusi, malware akan secara otomatis menyebar di sistem.

Tidak jarang dalam kode program ada backdoor yang digunakan untuk memberikan hak akses ke pencipta malware untuk mengakses sistem dari jarak jauh.

Bagaimana Menangani Serangan Malware?

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan atau menangani malware yang sudah menyebar di dalam sistem. Dalam diskusi ini saya akan membahas bagaimana menangani malware di WordPress dan komputer atau perangkat desktop.

Cara Mengatasi Malware di WordPress

Malware tidak hanya ada di komputer, namun juga ada di server website Anda. Bagaimana tidak, server tersebut juga komputer yang menggunakan sistem operasi khusus seperti CentOs, Ubuntu, dll. Jadi nggak heran kalau WordPress juga bisa terkena malware.

Mengatasi Serangan Malware Menggunakan Plugin Wordfence

Anda dapat menggunakan cara untuk menghilangkan malware di WordPress dengan menggunakan Wordfence. Wordfence adalah plugin di WordPress yang digunakan untuk memindai virus dan membersihkannya. Ini termasuk layanan anti-virus perusahaan yang dapat Anda gunakan secara gratis.

Saya telah membuat panduan untuk menggunakan Wordfence untuk menghilangkan malware di WordPress. Anda dapat mengikuti panduan dalam artikel cara menghapus WordPress malware dengan Wordfence.

Selain menggunakan Wordfence, Anda juga dapat menggunakan beberapa plugin keamanan lainnya seperti BulletProof, iThemes, All In One WP, dan sebagainya.

Cara Mengatasi Kesalahan Situs “Situs Depan Berisi Malware”

Ketika Anda membuka situs web Anda, pesan “situs di depan berisi program berbahaya” atau “situs di depan berisi malware” Bisa jadi karena ada malware yang menginfeksi situs web. Tentu saja Halaman ini akan menghilangkan banyak lalu lintas masuk jika tidak segera ditangani.

Saya telah membuat panduan terkait cara menangani malware seperti ini, Anda dapat mengaksesnya melalui artikel tentang cara menyingkirkan situs di depan berisi malware.

Cara Mengatasi Serangan Malware pada Komputer

Terkadang sumber malware muncul dari perangkat desktop yang digunakan. Karena beberapa pengguna atau pengguna sering mengembangkan situs web melalui komputer lokal yang kemudian diunggah ke server situs web menggunakan koneksi FTP.

Sebelum diunggah, terkadang malware telah masuk ke folder atau file di situs web. Setelah mengupload lebih banyak malware dan menyebar. Jadi, sebelum mengunggah file situs web, pastikan tidak ada malware di dalamnya.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal ini, yaitu dengan memindai malware atau memindai satu per satu file yang terkandung di dalamnya. Lihat setiap file untuk memastikan tidak ada file yang mencurigakan.

Tinggalkan komentar