Cara Ampuh Mengatasi Komputer Lemot

Cara Ampuh Mengatasi Komputer Lemot – Jadi, Anda telah menikmati komputer baru Anda beberapa bulan terakhir, dan tapi dengan seiring berjalannya waktu, komputer Anda semakin lemot. Akhirnya ke titik bahwa itu hampir tidak dapat digunakan, dan membuat Anda gila ketika Anda menggunakannya untuk bermain atau untuk melakukan pekerjaan. Jadi apa yang Anda lakukan? Ambil, buang, dan beli yang baru? Tidak.

Jawaban yang benar adalah menghubungi dukungan teknis atau mencari di Internet dan melihat apakah Anda dapat menemukan apa yang salah dengan komputer Anda dan memperbaikinya. Terkadang Anda perlu membeli komputer baru, terutama jika komputer Anda saat ini berumur sepuluh tahun.

Tetapi jika Anda hanya memilikinya beberapa bulan hingga beberapa tahun, maka kemungkinan besar Anda hanya perlu melakukan pembersihan dasar dan memperbarui perangkat lunak yang Anda miliki di komputer Anda. Sebelum Anda mulai panik atau terburu-buru membeli komputer baru.

Cara Ampuh Mengatasi Komputer Lemot

Komputer lemot memanglah hal yang menyebalkan. Berikut cara ampuh mengatasi komputer lemot.

Perbarui Perangkat Lunak

Saya tahu beberapa dari Anda membaca ini mungkin sudah tahu bahwa masuk akal untuk meningkatkan perangkat lunak Anda seperti perangkat lunak perlindungan virus dan spyware, tetapi apa yang banyak orang mungkin tidak sadari adalah bahwa memperbarui semua program perangkat lunak Anda yang lain juga akan membantu meningkatkan kecepatan komputer Anda.

Tentu perangkat lunak Anda mungkin melakukan persis apa yang seharusnya dilakukan dengan sempurna, tetapi kenyataannya adalah perangkat lunak Anda penuh dengan gangguan dan bug yang dapat diperbaiki dengan mengunduh tambalan. Dengan mengunduh tambalan ini tidak hanya meningkatkan efisiensi komputer dan perangkat lunak Anda, tetapi juga akan meningkatkan keamanannya. Memperbarui perangkat lunak Anda berbeda untuk setiap program.

Kadang-kadang Anda harus melakukannya secara manual dari dalam program itu sendiri, dan di lain waktu itu otomatis. Untuk program seperti perangkat lunak perlindungan virus dan spyware, Anda harus mengaturnya agar diperbarui secara otomatis. Jika Anda memiliki program lain yang otomatis perbarui sendiri, tetapkan juga demikian.

Ini akan membuat Anda tidak perlu khawatir tentang memperbarui perangkat lunak Anda sendiri. Untuk sisa perangkat lunak Anda yang tidak secara otomatis memperbarui sendiri, memeriksa pembaruan setidaknya sebulan sekali untuk mereka harus memadai. Mungkin terasa merepotkan untuk memperbarui perangkat lunak Anda terutama jika Anda harus melakukannya secara manual, tetapi Anda akan senang pada akhirnya dan komputer Anda akan berterima kasih atas hal itu.

Perbarui Sistem Pengoperasian Anda

Seiring dengan memperbarui perangkat lunak Anda, Anda juga perlu memperbarui sistem operasi Anda secara teratur. Sistem operasi Anda hanyalah program perangkat lunak lain dan seperti program-program lain itu, ia juga penuh dengan bug dan gangguan yang perlu diperbaiki dengan pembaruan. Windows memiliki opsi untuk membiarkan Anda mengaturnya untuk memperbarui sendiri secara otomatis atau memperbaruinya secara manual ketika Anda menginginkannya.

Untuk menyesuaikan opsi ini di Windows XP, buka Mulai > Panel Kontrol, dan klik Pembaruan Otomatis di jendela Panel Kontrol. Di Windows Vista pergi ke Start > Control Panel, dan klik Pembaruan Windows. Di jendela Pembaruan Windows, klik Ubah Pengaturan di panel kiri. Apa pun versi Windows yang Anda gunakan, Anda akan memiliki opsi yang sama untuk dipilih:

  1. Unduh dan Instal Pembaruan Secara Otomatis
  2. Unduh pembaruan secara otomatis, tetapi biarkan saya memilih kapan harus menginstalnya.
  3. Beritahu saya tetapi jangan secara otomatis mengunduh atau menginstalnya.
  4. Matikan Pembaruan Otomatis.

Pengaturan yang disarankan tentu saja untuk mengunduh dan menginstal pembaruan secara otomatis, tetapi Anda dapat memilih pengaturan mana yang Anda inginkan kemudian klik berlaku untuk menyimpan perubahan yang Anda buat. Terlepas dari bagaimana Anda memutuskan untuk menangani pembaruan sistem operasi Anda, memastikan bahwa Anda melakukannya secara teratur pasti akan membantu komputer Anda berjalan lebih lancar dan meningkatkan keamanannya.

Defragmentasi Komputer Anda

Ketika Anda menggunakan komputer Anda dan menambah dan menghapus file dan perangkat lunak, lembur beberapa file Anda menjadi terfragmentasi dan tersebar di hard disk. Seiring berjalannya waktu ini akan semakin buruk dan akhirnya komputer Anda akan melambat. Ini karena komputer harus mencari hard drive lebih lama setiap kali Anda mencoba menggunakan file Anda. Untuk memperbaiki masalah ini, sesederhana menjalankan Utilitas Defragmenter Disk yang disertakan dengan Windows. Untuk menjalankan Disk Defragmenter, buka Start > All Programs > Accessories > System Tools > Disk Defragmenter.

Setelah program terbuka, untuk memulai proses defragmenting cukup klik tombol yang mengatakan Defragment dan biarkan sendiri. Karena defragmenting hard drive Anda menggunakan semua sumber daya sistem Anda, yang terbaik untuk melakukan ini hanya ketika Anda tidak perlu menggunakan komputer Anda.

Saya sarankan Anda memulai defragmenting pada malam hari tepat sebelum Anda pergi tidur karena tergantung pada seberapa terfragmentasi hard drive Anda, mungkin perlu beberapa jam untuk menyelesaikan prosesnya. Setelah proses defragmenting selesai, file Anda akan disatukan kembali dengan benar, dan Anda akan melihat peningkatan signifikan dalam kecepatan komputer Anda, terutama jika sudah beberapa saat sejak terakhir kali Anda melakukannya.

Hapus File Sampah

Pernahkah sepertinya ruang kosong di hard drive Anda semakin kecil atau butuh waktu lebih lama untuk mencari file yang tidak dapat Anda temukan meskipun Anda belum menambahkan file atau perangkat lunak baru di komputer Anda? Ini disebabkan oleh fragmen file yang tertinggal dari tugas harian yang Anda lakukan di komputer.

Setiap kali Anda mengunduh file dari Internet atau menghapus file ke tempat sampah daur ulang, potongan-potongan file tertinggal yang tidak dapat Anda lihat dan kemungkinan besar tidak tahu. Ini adalah file “sampah” yang dibuat secara otomatis oleh program untuk penggunaan sementara tetapi tidak dihapus setelah program selesai menggunakannya. File-file ini termasuk cookie, file Internet sementara, file log, file log kesalahan, file lain-lain sementara, dan titik Pemulihan Sistem yang sering dibuat oleh Windows.

Untuk menjalankan program ini, buka Start > All Programs > Accessories > System Tools > Disk Cleanup. Setelah program terbuka, Anda akan diperlihatkan jendela dengan beberapa tab dan beberapa opsi untuk dipilih. Tab pertama yang Anda lihat memungkinkan Anda memilih file sampah mana yang ingin Anda hapus. Di bawah jendela ini ia menunjukkan kepada Anda berapa banyak ruang kosong yang akan Anda dapatkan dari menghapus file-file ini. Sekalipun hanya beberapa kilobyte, tetap jalankan programnya. Saya telah mengetahui dari menggunakannya bahwa bahkan jika dikatakan akan membebaskan beberapa kilobyte, biasanya membebaskan ruang hingga 1GB.

Setelah Anda selesai memilih file mana yang ingin Anda hapus, klik tombol OK di bagian bawah jendela. Setelah proses selesai, secara otomatis akan menutup. Bersamaan dengan menghapus file sampah ini, jika Anda belum memiliki masalah untuk sementara dengan komputer Anda, Anda dapat mengosongkan ruang tambahan dengan mengklik tab More Options di jendela Disk Cleanup dan mengklik tombol Bersihkan di bagian berjudul System Restore. Ini akan menghapus semua kecuali titik pemulihan terbaru. Setelah Anda selesai menghapus semua file Anda tutup program jika tidak menutup dengan sendirinya dan Anda selesai.

Hapus File yang Tidak Digunakan

Bersamaan dengan menghapus file sampah dari komputer Anda, Anda juga bisa mendapatkan peningkatan kinerja dari hard drive Anda dengan menghapus file yang Anda ketahui tetapi tidak digunakan. Ini termasuk perangkat lunak dan semua file pribadi yang Anda buat atau unduh seperti film, musik, dan gambar.

Tentu Anda mungkin hanya memainkan satu atau dua game PC saat ini, mungkin terlihat keren untuk memasang 50 game sekaligus, tetapi jika Anda tidak memainkannya, hapuslah. Tentu saja ratusan gambar Anda terlihat keren di layar untuk screensaver Gambar Saya, tetapi apakah Anda benar-benar membutuhkan semuanya di komputer Anda? Jika jawabannya tidak, mungkin akan lebih baik jika Anda menyimpan semuanya ke CD atau DVD dan menghapusnya dari komputer Anda juga.

Penutup

Itulah cara ampuh mengatasi komputer lemot. Tеrіmаkaѕіh ѕudаh berkunjung jangan lupa untuk ѕhаrе аrtіkеl ini ke tеmаn – tеmаn kаlіаn. Jika аdа уаng іngіn dі tаnуаkаn ѕіlаhаkan bеrtаnуа di kоlоm komentar.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *