Cara Daftar Kartu Prakerja Paling Mudah

Cara Daftar Kartu Prakerja Paling Mudah – Pemerintah Indonesia kini semakin berpikir ke depan untuk terus memajukan kesejahteraan perekonomian di Indonesia. Salah satunya adalah munculnya kartu prakerja yang dibuat khusus untuk membantu perekonomian yang sedang krisis supaya lebih berkembang ke depannya. Apalagi saat ini terdapat dampak yang begitu mengerikan yang sulit membuat manusia beraktivitas sehari-hari, yakni munculnya COVID 19.

Melihat itu, presiden RI akan mempercepat programnya supaya kartu prakerja bisa digunakan secepat mungkin. Saat ini banyak orang yang kehilangan pekerjaan semenjak munculnya COVID 19. Perusahaan tidak bisa mendapatkan penghasilan dan karyawan terpaksa harus di PHK untuk mengecilkan pengeluaran. Hal ini pastinya harus ditindak tegas supaya masyarakat Indonesia hidup sejahtera.

Anggaran untuk pembuatan kartu prakerja ini membutuhkan dana hingga Rp. 20 Miliar. Sistem pembagian dari kartu prakerja ini meliputi bantuan biaya pelatihan sebesar Rp. 1.000.000, biaya setelah pelatihan Rp. 600.000 dan intensiv survei sebanyak Rp. 150.000. Dengan begitu, orang-orang akan dimudahkan dalam membangun krisis ekonomi yang sedang terjadi.

Syarat Daftar Kartu Prakerja

Sebelum Anda mendaftar kartu prakerja, sebaiknya Anda harus tahu terlebih dahulu persyaratan yang bisa mendaftar kartu prakerja. Pendaftaran akan dibuka pada bulan April 2020, Anda bisa mendaftarnya secara online. Kementrian perekonomian Indonesia kini sedang melakukan tindakan untuk orang-orang yang ingin mendaftar kartu prakerja.

Situs yang dapat Anda kunjungi bila ingin mendaftar secara online yaitu prakerja.go.id. Namun sebelum mendaftarnya, ada beberapa pesyaratan yang harus Anda lakukan untuk mendaftar kartu prakerja. Berikut adalah persyaratan yang harus dilengkapi!

  1. Warga Negara Indonesia. Anda bisa menunjukan KTP milik Anda sebagai identitas bahwa orang Indonesia.
  2. Usia Minimal 18 tahun. Kartu prakerja ditujukan untuk orang-orang yang sudah pantas memasuki usia kerja. Untuk itu, umurnya harus dibatasi.
  3. Tidak Sedang Menempuh Pendidikan. Pendaftar yang sedang kuliah atau menempuh pendidikan tidak diperbolehkan untuk menggunakan kartu prakerja meski usianya sudah di atas 18 tahun.

Cara Daftar Kartu Prakerja

Nah, apabila Anda sudah memenuhi persyaratan seperti di atas. Anda tidak perlu ragu untuk mendaftar kartu prakerja. Anda tinggal melakukan pendaftaran saja seperti berikut ini!

Membuat Akun Prakerja

Langkah awal yang harus Anda lakuan adalah membuat akun prakerja secara online melalui situs prakerja.go.id. Anda tinggal memasukan alamat email dan juga nomor ponsel pada kolom yang tersedia. Pastikan nomor ponsel yang digunakan benar-benar aktif. Bila sudah, Anda tinggal klik daftar pada kolom yang tertera di dalamnya.

Langkah selanjutnya ialah memilih metode verivikasi baik dari panggilan atau pesan pada nomor telepon yang sudah ditulis. Nantinya Anda akan menerima kode verivikasi dan masukan kode tersebut pada kolom yang tersedia. Pendaftaran telah berhasil dalam mengajukan permohonan kartu prakerja.

Pendaftaran dan Tes Kartu Prakerja

Setelah melakukan pengajuan, Anda juga harus melakukan pendaftaran dan tes kartu prakerja. Nantinya Anda akan mengikuti program-program kartu prakerja seperti di bawah ini!

  • Kunjungi situs prakerja.go.id terlebih dahulu.
  • Anda tinggal login saja karena sebelumnya sudah mendaftar. Masukan email dan juga sandi Anda pada kolom yang tersedia untuk login.
  • Pilih daftar kartu prakerja
  • Isi terlebih dahulu formulir pendaftaran pada kolom yang tersedia selengkap mungkin. Klik Selanjutnya.
  • Ikuti tes yang diberikan hingga selesai.
  • Apabila sudah, pilih saja selesai.
  • Anda nantinya akan mendapatkan notifikasi dari akun masing-masing.

Hal yang perlu Anda perhatikan adalah pada bagian tes yang harus dilakukan oleh para pemohon. Untuk itu, sebaiknya para pemohon mempersiapkan diri terlebih dahulu dengan cara belajar soal-soal tentang tes yang bakal diberikan. Dengan begitu, Anda akan dapat menjawabnya dengan mudah soal-soal yang ada.

Seperti yang Anda ketahui, jumlah pendaftar yang mengajukan kartu prakerja ini sangatlah banyak. Maka Anda harus mempersiapkan diri sebaik mungkin supaya proses pendaftaran bisa berjalan dengan lancar. Apabila gagal, Anda bisa mengikutinya kembali pada pendaftaran berikutnya.

Anda juga bisa mencari informasi terlebih dahulu mengenai bagaimana proses pendaftaran kartu prakerja. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir disaat Anda sudah melakukan pendaftaran dan mengikuti tes.

Penutup

Nah itulah cara daftar kartu prakerja, semoga dapat membantu Anda untuk meningkatkan kopetensi kerja. Cukup sekian artikel kali ini, jika ada pertanyaan seputar cara daftar kartu prakerja bisa kirim pertanyaan Anda di kolom komentar dibawah, Terimakasih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *