Pengertian dan Cara Menjaga Kebersihan Tangan

Pengertian dan Cara Menjaga Kebersihan Tangan – Tangan manusia merupakan organ yang seringkali bersentuhan dengan benda asing yang bisa dikatakan sumber penyakit berasal dari tangan yang kotor. Pengertian menjaga kebersihan tangan itu sangat umum dan seharusnya Anda sudah paham tentang hal ini.

Tangan adalah organ penting dari setiap mahluk hidup untuk melakukan banyak hal seperti makan, berbandan, bersalaman dan masih banyak lagi manfaat dari tangan. Hanya saja, tangan yang kotor bisa membawa dampak buruk terhadap kesehatan Anda sendiri, karena kuman penyakit yang bersarang pada tangan jumlahnya bisa jutaan bahkan milyaran. Nah, pada artikel ini kita akan membahas lebih rinci seperti apa pengertian dan cara menjaga kebersihan tangan yang mudah dan benar agar terhindar dari penyakit.

Pengertian Kebersihan Tangan

Mengadobsi kebiasaan hidup sehat dengan menjaga kebersihan tangan akan sangat bermanfaat untuk kehidupan Anda di masa mendatang. Pengertian kebersihan tangan lebih mudah diartikan sebagai kebiasaan atau budaya hidup sehat yang selama ini Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Mencuci tangan sebelum makan sudah menjadi budaya hidup sehat yang bisa Anda terapkan untuk diri sendiri dan meberi contoh baik terhadap anak-anak Anda. Pengertian kebersihan tangan sendiri lebih mengacu pada sesuatu yang bersih ketika bersentuhan dengan mulut dan wajah kita, sehingga tidak ada kuman dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

Cara Menjaga Kebersihan Tangan

Pada saat ini mungkin kita digegerkan dengan menyebarnya virus Covid-19, WHO sendiri telah mengestimasikan lebih dari 1,4 juta kasus infeksi terjadi akibat kurangnya kesadaran terhadap kebersihan diri. Biar lebih lengkap pembahasanya, silahkan simak tips menjaga kesehatan dan kebersihan tangan dibawah ini.

Cuci Tangan Menggunakan Sabun

Penting untuk Anda ketahui, mencuci tangan dengan air bersih sama sekali belum cukup untuk membunuh bakteri dan kuman penyakit yang ada di sela-sela jari tangan Anda. Biasakan untuk mencuci tangan menggunakan sabun cuci tangan atau detergen setiap kali Anda selesai melakukan/memenang/beraktivitas dari luar rumah. Ini penting, karena sabun cuci tangan akan membasmi bakteri dan kuman penyakit yang menempel dan sembunyi di sela-sela tangan Anda. Mencuci tangan yang paling bak itu selama 20 detik dengan 5 tahapan yang berbeda. Biasakan hal seperti ini agar anggota keluarga lainnya juga bisa meniru kebiasaan hidup bersih.

Pakai Sanitizer Tangan Setiap Kali Keluar Rumah

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kebersihan tangan adalah memakai sanitiser tangan yang bisa dibuat sendiri atau membeli dari minimarket. Sanitiser tangan ini penting untuk dibawa kemanapun Anda pergi, karena tidak semua tempat memiliki tempat untuk cuci tangan seperti di bus dan kereta api. Pastikan sebelum menyentuh camilan makanan, semprotkan dahulu sanitiser pada tangan secara merata. Selain itu juga, kebiasaan menyentuh hidung dan mulut seringkali tidak pernah kita sadari, jadi kalau Anda memakai sanitiser tidak perlu takut terinfeksi virus maupun bakteri penyakit.

Hindari Tangan yang Basah

Tahukah Anda bahwa tangan yang basah atau lembab mampu menarik bakteri 1000 kali lebih banyak dibandingkan tangan kering, untuk karena itu, lindungi diri Anda dengan menjaga agar tangan tetap kering. Karena, kondisi tangan yang basah mudah sekali menarik banyak bakteri dari suatu benda yang Anda pegang seperti pegadangan pintu toilet hingga beberapa benda umum yang seringkali disentuh oleh orang-orang. Cara yang lebih baik, setiap kali selesai mencuci tangan, bersihkan dengan handuk kering sampai tangan tidak lembab. Ini berlaku juga untuk Anda yang selesai keluar dari toilet umum, pakailah tisu untuk mengeringkan tangan Anda.

Kesimpulan

Informasi yang saya sampaikan diatas benar-benar memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan diri Anda dan anggota keluarga lainnya. Biasakan untuk terus hidup sehat, karena sakit itu benar-benar tidak mengenakan. Cuci tangan juga merupakan salah satu program pengendalian infeksi yang sudah dianjurkan oleh banyak rumah sakit. Karena sekitar 98% penyebaran kuman ke dalam tubuh bersumber dari tangan Anda.

Tetapi, sampai detik ini masih banyak masyarakat yang tidak menyadari akan hal ini, bahkan tetap acuh untuk mendengarkannya. Saya merekomendasikan untuk menggunakan jasa penyemprotan disinfektan agar kita dapat mencegah penyebaran dari Covid-19 ini, apalagi sekarang ini sudah memasuki kondisi new normal. Sekian informasi dari saya mengenai pengertian dan cara menjaga kebersihan tangan dengan baik, semoga yang saya informasikan ini bisa bermanfaat untuk kehidupan kita semua. Terimakasih.

Tinggalkan komentar