6 Tata Cara Menjaga Kebersihan Mulut dan Gigi

6 Tata Cara Menjaga Kebersihan Mulut dan Gigi – Kesehatan mulut dan gigi menjadi gerbang awal kesehatan tubuh anda, karena mulut merupakan jalannya masuk makanan yang secara klinis kita tidak tahu apakah itu makanan higenis atau tidak.

Secara umum, menjaga kesehatan mulut dan gigi itu sangat penting dilakukan setiap harinya, sehingga anda bisa terhindar dari berbagai jenis penyakit seperti gusi bengkak, gigi sakit hingga sariawan. Kondisi seperti itu jelas disebabkan kurangnya menjaga kesehatan gigi dan mulut anda.

Tata Cara Menjaga Kebersihan mulut dan Gigi

Pastinya Anda tahu rasanya memiliki penyakit yang terjadi di mulut, pasti juga mengganggukan saat makan ataupun minum. Saya akan memberikan beberapa informasi menarik seperti apa tata cara terbaik untuk menjaga kebersihan mulut dan gigi dengan mudah. Bagi anda yang penasaran bisa langsung menyimak informasinya dibawah ini.

Periksa ke Dokter 1 Bulan Sekali

Salah satu cara terbaik untuk mengetahui kondisi kesehatan mulut dan gigi anda dengan periksa ke dokter gigi setiap 1 bulan selali. Langkah pasti seperti ini sebagai bentuk kepedulian anda terhadap kesehatan diri anda sendiri. Jangan takut untuk pergi ke dokter gigi, karena mereka akan membantu anda untuk menjaga kesehatan mulut. Bagi anda yang memiliki nafas bau, itu bukan karena makanan meskipun sebagian besar masyarakat menganggapnya demikian, masalah nafas bau karena banyaknya bakteri atau kuman di dalam mulut yang sedang berkembangbaik. Untuk karena itu, jangan takut untuk pergi ke dokter dan cek kondisi kesehatan mulut dan gigi anda secara rutin setiap 1 bulan sekali.

Flossing Gigi

Berikutnya, cara kedua yang bisa anda lakukan untuk membersihkan mulut dan gigi adalah dengan cara flossing yang bisa dilakukan dengan menggunakan benang untuk membersihkan sela-sela pada gigi anda. Hanya saja, cara seperti ini haru dilakukan dengan hati-hati karena bisa melukai gusi anda. Pastikan untuk memakai benang yang tidak terlalu tajam seperti benang baju misalnya. Langkah seperti ini dilakukan agar kotoran atau makanan yang tersumbat disela-sela gigi bisa terangkat dengan mudah.

Pakai Tusuk Gigi

Tusuk gigi memiliki fungsi yang penting setiap kali anda selesai makan makanan seperti daging dan jenis makanan yang mudah menyangkut pada sela-sela gigi. Anda bisa memakai tusuk gigi untuk membersihkannya dengan mudah, itulah kenapa setiap rumah makan selalu menyediakan tusuk gigi untuk menghilangkan sisa makanan yang terselip di sela-sela gigi anda.

Ganti Sikat Gigi 1 Bulan Sekali

Sikat gigi adalah benda penting untuk membersihkan gigi anda sewaktu mandi dan sebelum menjelang tidur malam. Jadi, jangan lupa untuk mengganti sikat gigi setiap 1 bulan sekali dengan sikat gigi yang baru. Karena sikat gigi lama sudah tidak se-efektif pada awal digunakan, bagian bulu sikat juga tidak kaku seperti baru lagi sehingga kurang bersih untuk membersihkan gigi anda.

Perhatikan Jenis Makanan

Kemudian, hal terpenting yang harus anda perhatikan untuk menjaga kebersihan mulut dan gigi adalah selalu memperhatikan jenis makanan yang anda konsumsi. Makanan dengan kandungan gula yang tinggi bisa menjadi sumber sarang bakteri dan kuman, jenis bakteri tertentu suka dengan rasa manis yang menempel pada gigi. Hindari konsumsi gula berlebih dan jenis makanan yang mengandung minyak. Perlu di ingat juga untuk tidak sering-sering mengkonsumsi nasi yang masih panas karena bisa merusak gigi anda.

Jaga Kesehatan Lidah Anda

Tips terakhir yang bisa saya sampaikan kepada anda untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi adalah tetap menjaga kesehatan lidah dengan membersihkannya setiap saat. Cobalah pada saat sedang menggosok gigi, sikat secara perlahan permukaan lidah anda sehingga kuman dan bakteri yang ada disana hilang dan nafas menjadi lebih segar.

Kesimpulan

Nah sampai disini dulu tata cara menjaga kebersihan mulut dan gigi yang bisa saya sampaikan. Semoga dengan adanya penjelasan seperti ini bisa membantu anda untuk menjaga kebersihan pintu gerbang kesehatan tubuh anda sendiri. Terapkan ke 6 tips yang ada di atas untuk kesehatan mulut dan gigi anda. Sekian informasi dari saya, semoga bermanfaat dan Terimakasih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *